Muhyiddin Yassin

Kastara.ID, Jakarta – Di tengah mewabahnya COVID-19, ada berita gembira. Layanan internet gratis dan juga diskon tarif listrik sudah mulai berlaku. Hanya saja internet dan listrik tersebut berlaku di negara tetangga, Malaysia.

Ya, Pemerintah Malaysia telah menggratiskan layanan internet bagi seluruh warga. Kebijakan yang akan berlaku mulai 1 April 2020 ini dilakukan selama masa Perintah Kawalan Pergerakan Malaysia 2020 dalam menyikapi pandemi corona.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi setempat untuk mendukung kebijakan ini. Pemerintah negeri jiran itu juga mengalokasikan dana sebesar 600 juta ringgit atau setara Rp 2,2 triliun untuk Paket Stimulus Ekonomi Prihatin Rakyat.

Dilansir dari New Straits Times (27/3), stimulus diluncurkan untuk industri telekomunikasi dan multimedia. Dalam paket itu menurut Muhyiddin ada pula tambahan 400 juta ringgit guna meningkatkan cakupan jaringan internet dan kemampuan jaringan telekomunikasi yang berkualitas.

Pemerintah Malaysia juga memberikan potongan atau diskon 15 hingga 50 persen biaya tagihan listrik. Pemerintah menyiapkan dana 350 juta ringgit untuk program ini. Namun hanya pelanggan dengan maksimal penggunaan 600 kilowatt per bulan yang mendapatkan diskon. Sedangkan untuk sektor industri, Muhyiddin menyebut pihaknya menyiapkan dana sebesar 500 juta ringgit untuk paket stimulus ekonomi. Selain itu diberikan pula diskon tagihan listrik sebesar 15 persen. (har)