MUI

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan saran para ahli untuk melakukan lockdown atau karantina wilayah. MUI menilai lockdown berguna untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Saat memberikan keterangan (29/3), Anwar menyatakan, para ahli sudah merekomendasikan lockdown. Seharusnya Jokowi mendengarkan dan menuruti saran tersebut.

Selain itu pemerintah juga sebaiknya melakukan relokasi anggaran, baik seluruhnya atau sebagian. Anggaran infrastruktur menurut MUI bisa dialihkan untuk penanganan wabah virus corona. Salah satunya menurut Anwar adalah anggaran yang direncanakan untuk pemindahan ibukota baru. Anggaran ratusan triliun itu bisa digunakan untuk membantu rakyat selama menjalani masa karantina wilayah.

Selain itu anggaran pemindahan ibukota baru juga bisa digunakan untuk membantu pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah menurut MUI juga sudah selayaknya mewajibkan pengusaha besar membantu penanganan virus corona. Pengusaha besar juga seyogyanya berperan aktif membantu dan ikut serta mengatasi persoalan ekonomi yang dialami oleh masyarakat lapis bawah. (hop)