Ketahanan Pangan

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menggelar Sosialisasi Pembinaan Ketahanan Pangan Tahun 2022 kepada Jajaran Kodam Jaya/Jayakarta di Aula Falatehan Makodam Jaya, Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur.

Sosialisasi yang diikuti 80 peserta dari TNI Angkatan Darat ini mengusung tema ‘Mewujudkan Pembinaan Teritorial Dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan di Wilayah.

Kegiatan sosialisasi menghadirkan narasumber Kepala Bidang Pertanian sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas KPKP DKI Jakarta Mujiati didampingi Sub Koordinator Urusan Pertanian Perkotaan Taufik Yulianto serta Kepala Seksi Ketahanan Pangan dan Pertanian Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Parsan.

Wakil Asisten Teritorial Kodam Jaya Letnan Kolonel Infanteri Parada Warta Nusantara Tampubolon mengatakan, salah satu Tugas Pokok TNI mendukung program pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan di wilayah, khususnya ketahanan pangan.

“Diharapkan dari kegiatan ini, informasi terkait pelaksanaan ketahanan pangan yang produktif, efektif, efisien dan berkelanjutan dapat tersampaikan dengan baik,” ujarnya (29/3).

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta Mujiati menyampaikan materi tentang Penguatan Ketahanan Pangan Melalui Urban Farming.

Pada paparannya disampaikan, aktivitas dari pertanian perkotaan (urban farming) di Jakarta telah membantu memenuhi 9,4 persen kebutuhan sayuran pada 2021.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjadi kolaborasi antara Dinas KPKP dengan Kodam Jaya dalam menjaga ketahanan pangan di Jakarta melalui urban farming,” tandasnya. (hop)