Dinkes Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memiliki program Lalapan Depok (Kelas Pelatihan Pangan Aman Online). Program tersebut diimplementasikan melalui berbagai pelatihan untuk mendukung janji Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, yaitu menciptakan 5000 wirausaha baru dan 1000 pengusaha perempuan.

“Kami berikan pelatihan kepada pemilik, pengelola, atau penjamah pangan di Kota Depok melalui program inovasi Lalapan Depok,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, Zakiah yang dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (30/5).

Zakiah menjelaskan, pihaknya telah memberikan pelatihan higiene sanitasi Depot Air Minum pada 18 sampai 19 Mei lalu. Pelatihan tersebut diberikan kepada pengelola dan operator Depot Air Minum di Kota Depok.

Adapun materi yang disampaikan terkait kebijakan higiene dan sanitasi Depot Air Minum, penyakit bawaan air, perawatan dan pemelihataan kebersihan lingkungan Depot Air Minum, serta persyaratan dan kebijakan sertifikat laik higiene sanitasi Depot Air Minum.

Selanjutnya, tambah Zakiah, pihaknya juga telah mengadakan pelatihan higiene sanitasi pangan pada 23-24 Mei lalu. Materi yang disampaikan meliputi aspek teknis higiene dan sanitasi pangan, Hazard Analytical Critical Control Point (HACCP) dan Pre Requisite Program (PRP) terkait pangan, serta perawatan dan pemelihataan kebersihan lingkungan pada dapur jasa boga rumah sakit, catering atau rumah makan.

“Juga sudah kami berikan penyuluhan keamanan pangan siap saji hari ini kepada pengelola dan penjamah pangan pada kantin, rumah makan, maupun kedai makanan,” pungkasnya. (dha)