Kastara.ID, Madrid — Pembalap Spanyol, Pol Espargaro, terjatuh dalam kecelakaan tunggal di sesi Latihan MotoGP Portugal ketika pembuka musim 2023.

Pol telah melewatkan seluruh balapan paruh pertama tahun ini karena harus memulihkan diri dari serangkaian cedera berat dan berkepanjangan.

Bahkan sempat ada keraguan apakah Pol bisa kembali membalap atau tidak. Pol sendiri sempat down sampai memikirkan pensiun, tapi kini dia semakin sehat dan pulih dengan cepat.

Targetnya tentu saja comeback di MotoGP Inggris yang akan datang, sekaligus sebagai seri pembuka paruh kedua nanti.

Hasil comeback ini akan menjadi penentuan apakah Pol masih layak membalap atau tidak setelah kecelakaannya dengan begitu banyak cedera.

Mantan manajer tim satelit LCR Honda, Oscar Haro merasa khawatir dengan kondisi Pol.

“Ada pembicaraan di paddock bahwa ini adalah tahun terakhir Pol Espargaro, karena kecelakaan seriusnya, tapi kami harus melihat bagaimana Pol comeback, itu tidak akan mudah,” kata Haro di tayangan Twitch Nico Abad dan dilansir Motorcyclesports.net dari Motosan.es.

“Pada dasarnya, mereka mencoba mengeluarkannya dari motor, tapi dia pergi ke Assen seolah-olah untuk menandai wilayahnya dan mengatakan, inilah saya, saya ingin kembali dan berkompetisi,” lanjut Haro.

Haro berharap Pol bisa bertahan, tapi dia punya keraguan tentang hal itu.

“Saya meragukan comeback-nya dan saya sangat menyukai Pol, tapi saya berharap dia kembali dan berada di depan, karena dia telah melewatkan banyak balapan yang membuat kepercayaan dirinya berkurang. Semuanya diputuskan oleh pembalap dan pabrikan, apakah dia akan bertahan atau tidak,” tandas Haro.

Balapan MotoGP Inggris akan berlangsung pada awal Agustus mendatang di Sirkuit Silverstone. (tra)