Idham Aziz

Kastara.ID, Jakarta – Kapolri Jenderal Idham Azis mengakui bahwa saat ini institusinya mengalami kelebihan jumlah personel perwira menengah (pamen) pada pangkat Komisaris Besar (Kombes) dan perwira tinggi (pati) Polri.

“Kombes surplus 288 dan perwira tinggi surplus 213 orang,” kata Idham, Rabu (30/9).

Idham menerangkan saat ini jumlah tersebut berbanding terbalik dengan kebutuhan personel Polri di tingkat Tamtama hingga Ajun Komisaris Besar Polri (AKBP), yakni sebanyak 255.990 personel.

Bedasarkan data Polri, kata Idham, saat ini jumlah rill personil Polri baru sebanyak 416.414 orang. Sedangkan daftar susunan personel yang disiapkan pihaknya membutuhkan 685.468 orang.

“Upaya yang telah dilakukan Polri adalah dengan mengembangkan ruang jabatan fungsional, promosi jabatan terbuka,” kata mantan Kabareskrim tersebut.

Selain itu, dia juga menjelaskan pihaknya mulai mengimplementasikan 13 komponen penilaian dalam melakukan mutasi dan promosi anggota.

Sebagai informasi, saat ini sistem mutasi dan promosi di tubuh Korps Bhayangkara diatur dalam Perkap Nomor 16 Tahun 2012 tentang mutasi Mutasi Anggota Polri.

Kemudian pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment), keseimbangan organisasi, penilaian kerja, catatan personel di Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam), dan terakhir penilaian Assessment Center Polri dan melalui sidang dewan pertimbangan karier Polri. (ant)