Habib Rizieq Shihab

Kastara.ID, Jakarta – Warganet dikejutkan dengan munculnya video dukungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS). Video yang diunggah di akun YouTube @ViralNU itu berjudul “VIRAL !! PBNU DUKUNG KEPULANGAN HABIB RIZIQ SIHAB !!”

Video yang diungah pada Senin (28/10/2019) telah ditonton ribuan kali. Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU Isfah Abidal Azis mengakui dirinyalah yang membuat video itu. Ia menyatakan HRS berhak pulang kembali ke Indonesia. Namun Isfah menegaskan video tersebut bukan sikap resmi PBNU melainkan pendapat pribadinya.

Saat berbicara pada Rabu (30/10), Isfah menambahkan pernyataan resmi PBNU selalu disampaikan oleh Rais Aam atau Ketua Umum PBNU. Namun Isfah enggan menjelaskan alasannya membuat video tersebut.

Meski demikian, pria yang akrab dipanggil Alex ini menyebut pendapatnya itu sudah sesuai dengan konsep yang dianut PBNU. Isfah menjelaskan, tiga konsep persaudaraan NU adalah ukhuwah islamiyah, persaudaraan yang dibangun atas dasar nilai dan prinsip-prinsip Islam. Konsep kedua adalah ukhuwah wathaniyah, persaudaraan yang dibangun atas dasar nilai dan prinsip prinsip kebangsaan.

Konsep persaudaraan ketiga adalah ukhuwah basyariyah, persaudaraan yang dibangun berdasarkan prinsip dan nilai kemanusiaan.

Isfah menambahkan, video tersebut murni pendapat pribadinya dari sisi kemanusiaan dan persaudaraan antar muslim dan warga negara Indonesia (WNI). Ia membantah video tersebut terkait dengan kepentingan politik NU.

Isfah juga membantah bahwa video tersebut sebagai bentuk kekecewaan PBNU akibat tidak mendapat jatah menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Menurut Isfah, justru video tersebut membuktikan NU selalu berupaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (rya)