MTQ

Kastara.ID, Depok – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XX Tingkat Kota Depok Tahun 2019 dibuka langsung Wali Kota Depok Mohammad Idris di Lapangan Sepakbola Sawangan Permai Jl. Raya Pasir Putih, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Rabu (30/10). Sebelumnya diadakan pawai kendaraan tiap kecamatan yang menampilkan ciri khas tiap kecamatan.

Wali Kota Depok mengatakan, MTQ ini menjaring qori dan qoriah terbaik di tingkat Kota Depok yang nantinya akan mengikuti di perlombaan tingkat provinsi.

“MTQ ini sebagai pengingat umat Islam bahwa kita mempunyai kitab pedoman hidup kita untuk keselamatan kehidupan dunia akhirat. Alquran meskipun bukan kitab sastra, akan tetapi adalah kitab wahyu dari Allah. Alquran bukan kitab seni budaya, akan tetapi di dalam Alquran banyak ayat-ayat yang mengajarkan nilai-nilai seni dan budaya. Alquran bukan kitab pemerintah akan tetapi di dalam Alquran banyak ayat mengajarkan tentang kepemerintahan,” papar Idris.

“Saya berharap Kota Depok mempunyai satu kampung satu Qori dan Qoriah dan satu kampung satu Hafiz Alquran,” kata Idris.

Di tempat yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemendag) Kota Depok Asnawi berharap tiap-tiap OPD yang ada di Kota Depok menjadi orang tua asuh bagi anak-anak yang belajar Hafiz Alquran. “Jadi dengan adanya orang tua asuh kita ibadah serta ngaji, kan enak,” ungkapnya.

“Misalnya Dinas Rumkim menjadi orang tua asuh, bagi anak-anak yang belajar Hafiz Alquran, jadi anak asuh belajar dengan tenang, karena sudah menjadi anak asuh dari Dinas Rumkim,” katanya. (*)