Dinas CKTRP DKI Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) DKI Jakarta meraih Bhumandala Award 2021 dari Badan Informasi Geospasial. Penghargaan diraih yakni Inovasi Terbaik (Piala Emas) untuk Informasi Rencana Kota (IRK) pada Jakarta Satu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi satu dari 10 daerah yang berhasil terpilih menerima penghargaan Bhumandala Award 2021 karena dinilai berhasil mengembangkan dan menerapkan inovasi pemanfaatan Informasi Geospasial untuk kepentingan daerah maupun masyarakat luas.

Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta, Heru Hermawanto mengatakan, terobosan yang ditempuh Pemprov DKI berbasis Informasi Geospasial di antaranya mengubah Informasi Rencana Kota (IRK) yang awalnya secara manual kini melalui digital. IRK secara digital mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi tentang rencana tata kota dalam waktu singkat secara mandiri.

“Sebelumnya, untuk memperoleh IRK dibutuhkan waktu paling cepat dua minggu,” ujarnya, Sabtu (30/10).

Ia menambahkan, dengan adanya IRK secara digital masyarakat bisa melihat dan mendapatkan informasi secara sah. Apalagi, Dinas CKTRP sudah melakukan kolaborasi dan integrasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Semua peta ukur yang ada di BPN bisa langsung keluar informasi rencana kota dengan akurat dan tepat. Sangat cepat dan mudah,” terangnya.

Menurutnya, kehadiran Jakarta Satu saat ini membuat Pemprov DKI Jakarta dapat mengintegrasikan semua data spasial masing-masing satuan unit organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga tidak ditemukan lagi perbedaan-perbedaan koordinat data spasial di masing-masing instansi ataupun kesalahan interpretasi pada data spasial objek bangunan.

“Pemanfaatan informasi geospasial, benar-benar dirasakan efisiensinya oleh Pemprov DKI. Termasuk, memetakan wilayah yang memerlukan bantuan selama pandemi COVID-19. Zonasi untuk bantuan COVID-19 juga kita lakukan secara digital,” tandasnya.

Untuk diketahui, ajang penghargaan Bhumandala Award 2021 diselenggarakan dengan tujuan untuk memotivasi, menginspirasi, memperkuat dan meningkatkan semangat dalam membangun elemen-elemen simpul jaringannya agar terus terbina secara berkelanjutan menuju Simpul Jaringan yang aktif dan operasional.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor  27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN). Pelaksana JIGN adalah Simpul Jaringan pemerintah baik di kementerian, lembaga, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan pemerintah kota.

Untuk itu, penghargaan Bhumandala Award ini dapat membangun dan mewujudkan simpul-simpul jaringan atas terselenggaranya informasi geospasial masing-masing daerah ke dalam Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Selain Jakarta, Bhumandala Award 2021 juga diberikan kepada Pemprov Jawa Barat, Pemkot Banjarmasin, Pemprov Kalimantan Selatan, Pemkot Bontang, Pemprov Sumatera Selatan, Pemkot Surakarta, Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemkot Manado, dan Pemkab Sragen. (hop)