Kastara.ID, Buriram — Pembalap Spanyol, Aleix Espargaro, berhasil finis kelima dalam balapan seru di MotoGP Thailand, Ahad (29/10) kemarin.

Namun sayangnya, Aleix pada akhirnya harus menerima keputusan menjadi finis kedelapan, setelah waktu balapannya ditambah penalti tiga detik. Sehingga posisi kelimanya harus direlakan menjadi finis kedelapan.

Pengawas balapan menjatuhi penalti untuk Aleix karena menggunakan ban di bawah batas minimum selama lebih dari setengah jarak balapan di Sirkuit Internasional Chang.

Ini merupakan pelanggaran kedua dan langsung mendapat penalti. Sementara pelanggaran pertama setiap pembalap akan mendapat teguran resmi dari Stewards Panel.

“Pembalap Aprilia itu terkena penalti waktu tiga detik setelah MotoGP Thailand karena menghabiskan lebih dari 50% balapan di bawah tekanan ban minimum. Hukumannya berarti finis di posisi kelima berubah menjadi finis di peringkat kedelapan. Beratnya hukuman karena ini merupakan pelanggaran kedua yang dilakukan Espargaro berdasarkan peraturan baru. Pelanggaran ketiga akan dikenakan penalti waktu enam detik, dan pelanggaran keempat akan dikenakan penalti waktu 12 detik,” ungkap informasi seperti dilansir Crash.net.

Pembalap lain yang sudah melanggar satu kali adalah Maverick Vinales di MotoGP Catalunya. Jika Vinales mengulangnya akan mendapat hubungan seperti Aleix.

Juga di Thailand kemarin, Pol Espargaro, Marc Marquez, dan Jorge Martin mendapat peringatan resmi atas pelanggaran pertama mereka terhadap aturan tekanan ban.

Mereka masing-masing menghabiskan lebih dari 50% balapan dengan tekanan kurang dari minimum.

Jika mereka mengulang kesalahan yang sama di seri selanjutnya, tentu akan mendapat hukuman seperti Aleix. (tra)