Pilkada Serentak 2018

Kastara.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution mengatakan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan diselenggarakan pada tahun 2018 akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional hingga 5,4 persen.

“Dari Pilkada serentak itu Indonesia dapat meraih pertumbuhan 5,4% pada tahun politik tersebut. Sebab kegiatan di tahun politik itu bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1%, Jadi mudah-mudahan aman, maka kita cukup optimistis tahun depan kita bisa targetkan melalui 5,4%,” kata Darmin di Jakarta (29/11).

Menurutnya, dari pengalaman Pilkada dan Pilpres di tahun-tahun sebelumnya, selalu memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

“Dampak kalau lihat sejarah dampak pemilihan umum atau Pilkada yang banyak terhadap pertumbuhan ekonomi hasilnya positif,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan adanya 171 Pilkada dan belum pernah ada kejadian sebanyak itu, kemungkinan besar Pilkada serentak bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi lebih dari 0,1 persen, tapi bisa lebih tinggi sehingga harapannya bisa lebih baik dari yang ditargetkan. (mar)