Kopdar

Kastara.ID, Bogor – Wali Kota Depok Mohammad Idris turut menghadiri Komunikasi Pembangunan Daerah (Kopdar) yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Diikuti oleh 27 kepala daerah, kegiatan ini sebagai ajang mempererat tali silaturahmi setelah sekian lama tidak bertemu akibat pandemi Covid-19.

Mohammad Idris mengatakan, ada sejumlah arahan yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada acara tersebut. Seperti tentang wawasan nasional yang harus dimiliki kepala daerah untuk satu tahun ke depan.

“Wawasan nasional perubahan besar di tahun 2022 yang harus dihadapi para pemimpin bangsa,” ujarnya usai menghadiri Kopdar di Sentul Highlands Golf Club, Kabupaten Bogor, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Selasa (30/11).

Lalu disampaikan pula masalah perekonomian di Jawa Barat yang semakin membaik dan meningkat. Selain itu, ada juga pemaparan yang disampaikan oleh Bank Indonesia (BI).

“Tadi ada pula isu strategi dari gubernur, yang harus diefektifkan oleh kepala daerah,” jelasnya.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, Kopdar kali ini juga dirangkai dengan penanaman 10 Juta bibit pohon di bantaran Sungai Ciherang, sekitar masjid Al Munawaroh, Sentul City,  Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut dalam rangka menyukseskan program AZ Forest yang berfokus pada penanaman pohon.

“Jadi, hari ini kita mulai menanam pohon sebanyak hampir 10 juta dan kita juga membahas bagaimana caranya mengembalikan lahan krisis serta menyeimbangkan ekosistem alam, dengan berlomba-lomba menaman pohon yang ditargetkan 50 pohon sumbangan dari setiap orang,” ujar Ridwan Kamil. (dha)