Pasar Induk Kramat Jati

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 100 pedagang di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, menjalani rapid test dalam operasi kemanusiaan dan penegakkan hukum pelanggar COVID 19 yang digelar Polres Metro Jakarta Timur dibantu Satpol PP dan TNI (29/12).

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian Rishadi mengatakan, dalam kegiatan ini petugas gabungan melakukan pengawasan terhadap pedagang dan pengunjung pasar. Mereka yang tidak menggunakan masker langsung dibawa ke posko untuk didata identitasnya dan diharuskan mengikuti rapid test oleh tim medis.

“Kalau hasilnya reaktif, langsung dikoordinasikan dengan Puskesmas setempat untuk dilakukan tes PCR atau swab,” ucap Kombes Arie.

Menurut Kombes Pol Arie, Pasar Induk Kramat Jati menjadi sasaran operasi karena mobilitas warga cukup tinggi. Setiap hari, banyak warga dari luar DKI mengirimkan sayur mayur dan buah buahan. Sehingga potensi penyebaran COVID 19 sangat besar.

“Rencananya kegiatan dilakukan selama sepekan ke depan.Hari pertama ini kita targetkan 100 orang yang menjalani rapid test,” jelasnya.

Kasatpol PP Kecamatan Kramat Jati Ali Amril menambahkan, pihaknya menerjunkan tujuh personel untuk mendukung kegiatan ini.

“Kita turut membantu kegiatan ini untuk pencegahan penyebaran COVID 19,” tandasnya. (hop)