Pramuka Peduli Ketahanan Pangan

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 179 peserta mengikuti Webinar Saka Taruna Bumi Tahun 2021 kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pertanian RI yang mengangkat tema “Pramuka Peduli Ketahanan Pangan Melalui Saka Taruna Bumi”.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Idha Widi Arsanti mengatakan, upaya menjaga ketahanan pangan juga perlu melibatkan banyak stakeholder, termasuk Pramuka sebagaimana arahan dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Saka Taruna Bumi berperan sangat signifikan dalam pembangunan pertanian. Kita harus mempertahankan kondisi ekonomi kita dengan terus membangun dan menjaga ketahanan pangan nasional. Saya berharap Saka Taruna Bumi Provinsi DKI Jakarta ini dapat berjalan dengan baik,” ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (30/12).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas KPKP, Mujiati menjelaskan, Saka Taruna Bumi yang terdiri dari lima krida juga dibina Dinas KPKP. Rinciannya, Bidang Pertanian Dinas KPKP mewadahi Krida Tanaman Pangan, Krida Tanaman Hortikultura, dan Krida Tanaman Perkebunan.

“Untuk Bidang Perikanan Dinas KPKP mewadahi Krida Perikanan, serta Bidang Peternakan mewadahi Krida Peternakan,” terang Mujiati yang juga menjabat Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP.

Menurutnya, Dinas KPKP DKI Jakarta memiliki beberapa program yang dapat diikuti oleh anggota Pramuka DKI Jakarta. Sehingga bagi siapa saja dapat bergabung untuk memberikan kontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan ketahanan pangan melalui Saka Taruna Bumi.

“Pengembangan Pertanian di DKI Jakarta sangat unik dan menjadi daya tarik sendiri karena perlu inovasi menyikapi keterbatasan lahan. Kami ingin masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, khususnya untuk keluarga dalam rangka membantu mewujudkan ketahanan pangan di DKI Jakarta,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarda Pramuka DKI Jakarta, Ratiyono berharap, setelah dilakukan kegiatan webinar ini akan ada tindak lanjut dengan berinsiatif melakukan kegiatan secara offline. Sehingga informasi atau pengetahuan yang sudah didapat bisa dipraktikkan.

“Saya ingin, Pramuka di Jakarta ke depan dapat terlibat aktif dan menjadi motor pertanian perkotaan demi mewujudkan ketahanan pangan di Ibukota,” tandasnya.

Untuk diketahui, webinar yang berlangsung Rabu (29/12) tersebut juga diikuti peserta dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jambi hingga Papua.

Hadir sebagai narasumber yakni Ahmad Fahrizal, Petani Alpukat Cipedak, sekaligus Saka Taruna Bumi Jakarta Selatan; Witri dari Taman Wisata Lebah dengan materi Budidaya Lebah Trigona; dan Harli Fransulanonda selaku Penyuluh Perikanan Suku Dinas KPKP Jakarta Utara dengan penyampaian materi mengenai Budidaya Ikan dalam Ember sebagai alternatif budidaya ikan di perkotaan.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini diberikan e-Sertifikat secara gratis dan doorprize bagi lima penanya terbaik berupa paket suvenir yang berisi voucher edukasi lebah dan hexagonal madu multiflora dari PT Madu Pramuka serta sarana produksi pupuk dari PT Pasifik Asia Niaga. (hop)