Kastara.ID, Jakarta – Festival Olahraga Rakyat Sepanjang Tahun (FORST) 2020 akan difokuskan pada olahraga dan rekreasi. Hal ini terungkap dalam sosialisasi FORST yang dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta bersama Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) di Gedung Mitra Praja, Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (31/1).

Anggota TGUPP Provinsi DKI Jakarta Bidang Analis Kebijakan, Gian Sitorus mengatakan, sosialisasi FORST 2020 ini dilakukan untuk penyeragaman persepsi tentang orientasi pelaksanaan FORST yang difokuskan pada olahraga dan rekreasi. Rencananya, FORST tahun ini akan digelar mulai Februari.

“Jika tahun lalu orientasinya adalah olahraga dan prestasi, tahun ini orientasinya difokuskan pada olahraga dan rekreasi untuk membangun interaksi sosial masyarakat,” ujar Gian.

Menurutnya, untuk mewujudkan misi tersebut beberapa cabang olahraga akan dimodifikasi seperti olahraga futsal, di mana tata cara dan aturan mainnya dibuat lebih gembira dan disesuaikan dengan kondisi di wilayah.

“Misalnya kita modifikasi dari mulai jumlah pemain, jumlah bola, tata cara permainan dan teknis permainan agar lebih terlihat unsur pariwisatanya,” tambah Gian.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menyambut baik sosialisasi dan modifikasi beberapa cabang olahraga yang berorientasi pada olahraga dan rekreasi.

“Kami sangat mendukung apalagi ini sesuai dengan kondisi wilayah kita yang memang sebagai destinasi pariwisata meskipun tidak mengesampingkan prestasi itu sendiri,” tandasnya. (hop)