Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidan Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengakui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian adalah sosok pekerja keras. Selain itu Mahfud juga memuji Tito sebagai orang yang cerdas. Itulah sebabnya Mahfud mendoakan agar Tito menjadi Presiden RI pada 2024.

Saat berpidato di peluncuran Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Grand City Surabaya, Jumat (31/1), Mahfud mengatakan, dirinya sudah melihat kecerdasan Tito sejak 2010. Ia pun bertanya kepada muridnya apakah mengetahui sosok yang saat itu menjabat Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror. Mahfud pun yakin pada 2022, Tito akan menjadi Kapolri. Ternyata keyakinan itu benar, bahkan terjadi lebih cepat. Pasalnya jenderal asal Palembang itu menjadi Kapolri pada 2016.

Selain Tito, Mahfud juga memuji Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengaku sudah lama mengenal Khofifah sebagai pekerja keras dan tak kenal lelah. Mahfud menyebut mantan Menteri Sosial itu sebagai juniornya di politik. Pasalnya keduanya pernah sama-sama menjadi kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dalam kesempatan itu, Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta itu juga mendoakan Khofifah menjad Wakil Presiden RI pada 2024. Mahfud berharap Khofifah bisa mendampingi Tito memimpin Indonesia. Ia yakin Khofifah mampu mengemban jabatan itu. Pasalnya sebelum menjadi gubernur, wanita kelahiran Surabaya itu pernah dua kali menjadi menteri.

Mendengar pernyataan tersebut, seluruh undangan pun bertepuk tangan seraya bergelak tawa. Sedangkan Tito dan Khofifah yang juga hadir dalam acara itu terlihat kaget dan tersenyum. (yan)