JAKI

Kastara.ID, Jakarta – Jakarta Public Service (JPS) mengapresiasi prestasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta atas kemenangan aplikasi Jakarta Kini (JAKI) di ajang ASEAN ICT Awards (AICTA) 2021 untuk kategori Public Sector (Sektor Publik).

Indonesia melalui inisiatif Pemprov DKI Jakarta, berhasil mengalahkan Singapura dan Kamboja di final AICTA 2021 yang diselenggarakan pada 14-15 Desember 2021.

Direktur Eksekutif JPS Mohammad Syaiful Jihad mengatakan, Indonesia belum pernah dapat emas untuk Sektor Publik, jadi kemenangan JAKI di AICTA melawan negara ASEAN adalah bukti bahwa inovasi teknologi anak bangsa mampu bersaing di kancah internasional.

“Aplikasi JAKI komprehensif dalam menyelesaikan banyak persoalan di sektor publik. Banyak layanan jadi lebih efektif dan efisien, sehingga memudahkan warga tanpa harus mengunduh banyak aplikasi,” ujarnya, Senin (30/1).

Syaiful menjelaskan, prestasi ini menjadi salah satu cerminan keberhasilan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta dan seluruh jajaran di Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik.

“Ini menjadi kado indah di awal tahun 2022, sangat membanggakan. Semua harus semakin termotivasi untuk terus mengembangkan inovasi di sektor publik,” terangnya.

Menurutnya, dalam pemanfaatan perkembangan teknologi, Jakarta juga harus terus bisa menjadi barometer bagi daerah-daerah lain di Indonesia.

“Semua infrastruktur di Jakarta sangat memadai dan mumpuni. Melalui dukungan sumner daya manusia (SDM) berkualitas saya yakin Jakarta bisa selalu menjadi yang terdepan, baik di skala nasional maupun internasional,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam final AICTA 2021, inovasi JAKI berhasil memukau dewan juri yang terdiri dari sepuluh anggota masing-masing negara ASEAN, serta dua juri independen dari Jepang dan China.

Hasil final ajang ini diumumkan pada 28 Januari 2022 dan sudah rilis di lamanĀ https://aseanictaward.com/news.html. AICTA merupakan inisiatif dan proyek di bawah naungan ASEAN ICT Masterplan 2015, ASEAN ICT Masterplan 2020, serta ASEAN ICT Masterplan 2025 untuk mengakui pencapaian TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) terbaik di antara pengusaha serta organisasi di ASEAN.

AICTA bertujuan menjadi tolak ukur keberhasilan dalam inovasi dan kreativitas, menawarkan peluang bisnis serta hubungan dagang sehingga mengangkat kekuatan TIK dan kesadaran masyarakat, serta menyediakan platform untuk mempromosikan produk TIK ASEAN secara global. (hop)