Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio

Kastara.ID, Jakarta – Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio di Jalan Gelora IX, RT 02/02, Kelurahan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, bakal menggelar ibadah Tahun Baru Imlek 2573 Khongzili, Selasa (1/2) besok, dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Adi Suhadi, Pengurus Klenteng Hian Thian Siang Tee Bio mengatakan, pihaknya akan membatasi jumlah umat yang akan sembahyang di altar dalam klenteng pada malam Imlek nanti.

“Untuk yang sembahyang akan kami gilir 10 orang bergantian. Jika sudah ada 10 orang di dalam, kita stop dulu,” beber Adi, Senin (31/1).

Selain itu, lanjut Adi, pihaknya juga sudah menyiapkan sarana cuci tangan serta alat pengukur suhu tubuh bagi umat yang akan masuk ke dalam klenteng. Seluruh areal klenteng juga sudah dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan guna mencegah penyebaran virus.

“Kami meniadakan pertunjukan aksi Barongsai dan Liong, guna mengantisipasi terjadi kerumunan,” ungkap Adi.

Sekretaris Kelurahan Gelora, Andar Tobing menambahkan, pihaknya telah mengerahkan 15 personel PPSU untuk membantu pembersihan sekitar area luar klenteng agar para jemaat yang datang merasa nyaman. Untuk bantu pengamanan dan pengawasan prokes, pihaknya sudah terjunkan anggota Satpol PP.

“Tidak ada penutupan, tapi kami sudah imbau pengurus klenteng agar tidak ada penumpukan jemaat,” tandasnya. (hop)