Nataru

Kastara.ID, Jakarta – PD Dharma Jaya memastikan stok daging untuk kebutuhan selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah masih mencukupi.

Direktur Utama (Dirut) PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, stok daging sapi beku yang sudah disiapkan saat ini mencapai 830 ton dan daging ayam berjumlah 416 ton. Selain itu, masih ada 200 ekor sapi yang siapkan untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Ketersediaan daging sapi dan ayam aman atau cukup. Memang ada beberapa faktor yang sudah sama-sama kita antisipasi, salah satunya kita sudah mengumpulkan asosiasi-asosiasi pedagang daging dan ayam,” ujarnya, Rabu (31/3).

Raditya menjelaskan, upaya menjaga ketersediaan daging sapi bagi warga Jakarta juga dilakukan dengan mekanisme impor dari Australia dan New Zealand dengan kuota 1.500 ton pada periode Maret sampai November 2021.

“Kami juga bekerja sama dengan daerah penyangga untuk penyediaan sapi seperti sebanyak 2.775 ekor periode Februari sampai Desember 2021,” ujarnya.

Menurutnya, PD Dharma Jaya juga akan mendapat pasokan daging ayam dari berbagai daerah setiap bulan seperti Banten dan Bogor sebanyak 50 ton; Boyolali, Demak, dan Pati sebanyak 100 ton; serta Jombang dan Mojokerto mencapai 50 ton.

“Ada rencana akan masuk lagi dari sumber-sumber kami dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” terangnya.

Ia menambahkan, PD Dharma Jaya juga berkolaborasi dengan PT Food Station Tjipinang Jaya membuat paket produk pangan khusus Ramadan dan Lebaran dengan harga murah.

“Kita memastikan daging Dharma Jaya bisa diakses oleh seluruh warga Jakarta. Prinsipnya, untuk Lebaran tahun ini ketersediaan daging cukup, kalaupun ada kenaikan tidak terlalu signifikan sehingga bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat,” tandasnya. (hop)