Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Kastara.ID, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar webinar Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Kegiatan tersebut diikuti oleh Perangkat Daerah, Puskesmas, rumah sakit, kepala sekolah, organisasi profesi, lintas sektor terkait, serta seluruh kader kesehatan.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, webinar Hari Tanpa Tembakau ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemauan masyarakat agar bersama-sama berperan aktif mendukung upaya pengendalian konsumsi tembakau. Selain itu, juga sebagai gerakan memelihara lingkungan demi menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

“Webinar ini kami lakukan untuk mewujudkan Depok yang sehat tanpa tembakau demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ditandai dengan menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan stunting di Kota Depok,” tuturnya saat membuka webinar Hari Tanpa Tembakau, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (31/5).

Marry menambahkan, pada webinar tersebut juga menghadirkan Vice Director Muhammadiyah Steps, Dianita Sugiono sebagai narasumber. Adapun materi yang diberikan tentang Pencemaran Lingkungan dan Greenwashing Industri Rokok.

Terakhir, Marry mengajak kepada seluruh pihak untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi sebagai salah satu ikhtiar dalam implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Depok.

“Komitmen berhenti merokok harus terus  dilakukan untuk meningkatkan kesehatan, menyelelamatkan nyawa, serta melindungi lingkungan,” pungkasnya. (dha)