2018 ASEAN Audit Regulators Group

Kastara.id, Jakarta – Praktik audit yang berkualitas berperan penting dalam mendorong pertumbuhan investasi karena investor dalam membuat keputusan investasinya akan mempertimbangkan berbagai faktor diantaranya laporan keuangan.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo saat menyampaikan pidato kunci pada 2018 ASEAN Audit Regulators Group (AARG) Inspection Workshop dan the 8th AARG Meeting with The Audit Firms yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Kementerian Keuangan di Jakarta, Selasa (31/7).

“Dengan memastikan bahwa praktik audit memiliki kualitas tertinggi, hal ini akan meningkatkan kepercayaan publik pada pelaporan keuangan, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya investasi,” ujar Wamenkeu.

Wamenkeu menjelaskan, laporan keuangan menyediakan berbagai informasi penting bagi investor mengenai kesehatan keuangan dan risiko bisnis. Di sini, praktik audit kualitas tinggi akan meningkatkan kepercayaan investor bahwa informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipercaya. Untuk itu, menurutnya peran lembaga regulator yang mengawasi praktik audit juga memainkan peranan penting.

“Peran regulator audit untuk secara efektif memantau praktik Akuntan Publik dan mempromosikan peningkatan kualitas audit,” tambahnya.

Pada acara yang dihadiri oleh 12 regulator akuntan publik dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Wamenkeu berharap lembaga regulator untuk bekerja sama secara efektif satu sama lain untuk menjamin kualitas audit yang tinggi.

“Untuk mengembangkan praktik pengawasan audit yang lebih baik dalam lingkungan global ini, kita memerlukan kerja sama pengawasan audit transnasional. Acara ini adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan itu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, 2018 ASEAN Audit Regulators Group (AARG) Inspection Workshop dan the 8th AARG Meeting with The Audit Firms dihadiri para regulator akuntan publik seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Lao PDR, Kamboja, Jepang, Hongkong, Sri Lanka, Pakistan, dan Mauritius.

Selain itu, hadir pula perwakilan dari organisasi internasional meliputi International Forum of Independent Audit Regulators (IFIAR), The International Ethic Standards Board for Accountants, dan The International Auditing and Assurance Standards Board, serta perwakilan dari Big Four (PriceWaterhouseCooper, KPMG, Ernst & Young, dan Deloitte). (mar)