Kastara.ID, Jakarta – Pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Jami Al Makmuriyah, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Jumat (31/7), dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Eric PZ Lumbun mengatakan, dengan aturan protokol kesehatan ini para jemaah diwajibkan untuk membawa sajadah sendiri dari rumah, memakai masker, mencuci tangan, harus jalani cek suhu tubuh sebelum masuk areal masjid, serta mengatur jarak saf salat.

“Salat dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dia menambahkan, kita dapat mengambil banyak hikmah serta introspeksi diri dari perayaan Idul Adha di masa pandemi saat ini.

“Ini juga ujian bagi yang mampu untuk tetap berkurban serta bermunajad agar wabah COVID-19 ini lekas pergi dan kembali hidup normal, serta ekonomi kembali pulih,” ucapnya.

Dijelaskan Eric, pemotongan hewan kurban di Pulau Pramuka baru akan dilakukan Sabtu (1/8) pagi. Wilayah Pulau Pramuka mendapatkan alokasi hewan kurban sebanyak 18 ekor kambing dan dua sapi yang salah satunya merupakan sapi sumbangan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Saat pemotongan cukup panitia saja yang hadir. Daging kurban akan diantar langsung kepada yang berhak agar tidak berkerumun,” tandas Eric. (hop)