Kastara.id, Jakarta – Kongres PSSI akan digelar 10 November 2016 mendatang. Lokasi kongres, yang salah satu agendanya memilih ketua umum itu, juga sudah didapat PSSI yakni di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara.

“Baru saja beberapa menit yang lalu kami dapat informasi dari KONI di mana copy surat kami peroleh. Intinya mereka minta rekomendasi untuk melaksanakan Kongres ke 10 November,” kata Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Senin, (31/10).

Surat yang dimaksud bertanggal 28 Oktober 2016, ditujukan kepada Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman. Di bagian bawah surat berkop PSSI dan memiliki nomor 901/UDN/442/X-2016 tersebut ada nama Sekjen PSSI Azwan Karim selaku pengirim.

Dalam petikan surat tersebut, di antaranya disebutkan bahwa PSSI menggeser tanggal Kongres dari 15 Oktober di Makassar sampai dengan 10 November mendatang di Jakarta.

Hal itu juga selaras dengan arahan FIFA. Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara kemudian dinyatakan jadi lokasi kongres mendatang. Kepastian ini sekaligus menyudahi persoalan yang muncul beberapa waktu terakhir, terkait kabar kesulitan PSSI mencari hotel pelaksaanaan kongres.

Lewat surat itu PSSI juga menyatakan niatnya meminta rekomendasi. Tapi menurut Gatot tak perlu lagi ada surat rekomendasi karena sudah pernah diberikan pada 12 Oktober lalu dan masih berlaku. Surat rekomendasi itu diberikan usai PSSI bertemu dengan Kemenpora terkait polemik lokasi kongres beberapa saat lalu. Hasil pertemuan memutuskan Jakarta sebagai lokasi yang paling netral.

“Kami sudah minta informasi kepada badan Intelkam dan pihak Kepolisian bahwa kami tidak perlu lagi mengirim surat ke Kepolisian, karena pada 12 Oktober sudah diberikan surat rekomendasi pelaksanaan kongres di Jakarta dan masih berlaku. Tapi paling tidak ini memudahkan PSSI untuk komunikasi,” ujar Gatot.

“Cuma beberapa hari kemarin kan ada kendala yang berkembang katanya PSSI susah mencari hotel. Tetapi melalui surat itu sudah disebutkan akan digelar di salah satu hotel Jakarta Utara,” katanya. (sit)