Pakistan

Kastara.ID, Jakarta – Sedikitnya 65 orang dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat ledakan tabung gas di kereta api di tenggara Pakistan (31/10).

Dari sekitar 60 korban tewas, kini baru 18 jasad yang berhasil diidentifikasi. Korban luka-luka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat, di Bahawalpur dan di distrik Rahim Yar Khan.

Menteri Kesehatan Yasmin Rashid menjelaskan, ledakan yang memicu kebakaran itu terjadi di gerbong kereta yang tengah melaju di distrik Rahim Yar Khan, Provinsi Punjab.

Sementara Menteri Perkeretaapian Shaikh Rashid Ahmed menduga api berasal dari ledakan tabung gas yang dipakai memasak sarapan oleh penumpang.

Api membakar setidaknya tiga gerbong kereta. Sejumlah penumpang lainnya melompat keluar untuk menyelamatkan diri saat kereta melaju kencang. Petugas penyelamat Baqir Hussain mengatakan, selain luka bakar, sebagian korban tewas akibat terjatuh saat berusaha menyelamatkan diri.

Pihak berwenang akan menyelidiki penyebab kebakaran tersebut, termasuk menelusuri bagaimana penumpang bisa membawa tabung gas ke dalam gerbong. (yan)