Ayam dan Telur

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengadakan diskusi Kampanye Gizi dalam rangka memperingati Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN).

Diskusi yang mengangkat tema “Ayam dan Telur untuk Indonesia Sehat dan Cerdas” tersebut diikuti sebanyak 150 peserta terdiri dari Tim Penggerak PKK tingkat provinsi dan kota.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, kegiatan perdana ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengonsumsi ayam dan telur.

“Mengonsumsi telur dan ayam dapat meningkatkan kesehatan dan mendukung kecerdasan atau inteligensi anak,” ujarnya, Kamis (31/10).

Darjamuni menjelaskan, protein hewani pada ayam dan telur merupakan protein yang lengkap karena mempunyai nilai biologis tinggi yaitu mempunyai susunan asam amino dengan jumlah sesuai yang dibutuhkan.

“Kandungan asam amino pada protein hewani lebih lengkap dibandingkan pada protein nabati,” terangnya.

Menurutnya, rekomendasi konsumsi protein hewani idealnya adalah 30 persen dari total protein. Proporsi konsumsi protein hewani di Provinsi DKI Jakarta sudah memenuhi rekomendasi idealnya mencapai 39,04 persen dari total konsumsi protein.

“Meski sudah ideal, kami berharap proporsi konsumsi ini tidak menurun,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini mendorong masyarakat agar menerapkan pola gizi yang seimbang. Salah satu upaya untuk penerapan konsumsi gizi seimbang adalah dengan mengonsumsi protein hewani.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya protein hewani pada pola konsumsi gizi masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, diskusi ini mengundang narasumber seperti perwakilan FAO Ectad Indonesia, Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI), dan Ketua Pinsar Indonesia Bidang Unggas Lokal. (hop)