Komnas HAM Tingkatkan Sinergi dengan Kalangan OMS

Komnas HAM

Kastara.id, Jakarta – Komnas HAM akan meningkatkan sinergi dengan kalangan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) guna memberikan dukungan yang optimal bagi pelaksanaan tugas dan fungsi Komnas HAM.

Kesepakatan ini terungkap pada rapat Rakor antara Komnas HAM dengan hampir 60 OMS di Kantor Komnas HAM Jakarta, Senin (21/11). Dalam keterangannya Selasa (28/11), Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menjelaskan, dari OMS turut hadir perwakilan dari Kontras, Elsam, Imparsial, Desantara, Jatam, Ajar, Sejuk, LBH Pers, Wahid Foundation, LBH Jakarta, IKOHI, IGK, PPDI, LBH Masyarakat dan lainnya.

Dia menjelaskan ada beberapa pemikiran yang berkembang pada pertemuan tersebut, diantaranya adalah Komnas HAM perlu meningkatkan relasi dengan publik antara lain melalui peningkatan akuntabilitas dan transparansi informasi kepada publik serta mendorong keterlibatan dalam memberikan informasi yang mendukung kinerja Komnas HAM.

“Komnas HAM perlu meningkatkan peran pengkajian dan penelitian terutama dalam rangka pengawasan peraturan perundang-undangan sehinga selaras dengan norma-norma HAM,” kata dia.

Dia juga berharap, Komnas HAM, OMS dan pemerintah perlu meningkatkan sinergi guna mencari terobosan dalam penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM dan guna mengawal dan memastikan pelaksanaan rekomendasi-rekomendasi Komnas HAM.

Selain itu, tambah dia, Komnas HAM juga perlu meningkatkan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu serta mempersiapkan diri dalam menghadapi momen politik pemilihan kepala daerah serentak 2018 dan Pemilu 2019. (npm)