Bank Darah Rumah Sakit

Kastara.ID, Depok – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok sekarang sudah dapat memenuhi kebutuhan transfusi darah bagi pasiennya atau pun pasien rumah sakit di sekitarnya. Pasalnya, kini RSUD Kota Depok menyediakan layanan Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) sendiri. Instalasi BDRS RSUD Kota Depok diresmikan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Jumat (1/3).

Wakil Wali Kota Depok mengatakan, BDRS merupakan suatu unit pelayanan di rumah sakit yang bertanggung jawab atas tersedianya darah untuk transfusi yang aman, berkualitas, dan dalam jumlah yang cukup. Hal itu akan mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan darah.

“BDRS menjadi inovasi dalam rangka pelayanan yang lebih baik. Keberadaan BDRS akan lebih memudahkan, terutama dari segi waktu akan lebih efektif dan efisien dan tidak perlu lagi mencari darah ke luar Depok,” ujar Pradi.

“Semoga keberadaan BDRS di RSUD Kota Depok dapat memberikan pelayanan transfusi darah yang aman, berkualitas, terkoordinasi, dan sesuai dengan standar. Sehingga kualitas kesehatan pasien RSUD Kota Depok semakin meningkat,” harap Pradi.

Sementara Direktur RSUD Kota Depok Asloe’Ah Madjri mengatakan, petugasnya sekarang memiliki beragam tugas, di antaranya menyimpan darah dan memantau persediaan darah, serta menyerahkan darah yang cocok bagi pasien di rumah sakit. (rud)