HUT Damkar

Kastara.ID, Jakarta – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-103 Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Kepulauan Seribu ditandai dengan aksi penyelaman dan pengibaran bendera di dasar laut perairan Pulau Tidung Kecil, Selasa (1/3).

Kepala Sektor 8 Kepulauan Seribu Selatan, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kepulauan Seribu, Dede Budi mengatakan, aksi selam dan pengibaran bendera merah putih serta spanduk bertuliskan Selamat HUT ke-103 Damkar Indonesia di dasar laut dilakukan sembilan personel anggota Sudin Gulkarmat Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan yang telah memiliki sertifikat menyelam.

“Penyelaman dan pengibaran bendera dilakukan di kedalaman 4-9 meter di perairan Pulau Tidung Kecil,” ujar Dede.

Menurutnya, pengibaran bendera dilakukan di dasar laut untuk menunjukkan eksistensi bahwa selain bertugas melakukan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di darat, sebagai anggota Damkar di wilayah perairan juga harus bisa melakukan penyelamatan di dasar laut. Ini seperti yang sebelumnya pernah dilakukan petugas saat membantu pencarian korban dan material atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air di Perairan Kepulauan Seribu, Januari 2021.

“Harapannya di ulang tahun ke-103 Damkar ini, Gulkarmat Kepulauan Seribu lebih maju lagi dan terdepan dalam membantu warga,” tandasnya. (hop)