Contra flow

Kastara.id, Karawang – Jalur Tol Jakarta-Cikampek memberlakukan sistem “Contra flow” atau lawan arah setelah arus lalu lintas di ruas tersebut mengalami peningkatan volume kendaraan yang superpadat pada puncak arus balik libur Paskah 2018, Minggu (1/4).

Hal itu disampaikan oleh Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahti di Karawang, Minggu (1/4). “Arus lalu lintas ke arah Jakarta cukup padat sejak sore, jadi perlu dilakukan ‘contra flow’,” katanya.

Pemberlakuan “Contra flow” diterapkan mulai Kilometer 47 hingga Kilometer 35 untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas dari arah Cikampek menuju Jakarta. Sejumlah petugas di lapangan membantu mengarahkan kendaraan dari arah Jakarta ke jalur lalu lintas kendaraan arah sebaliknya di wilayah Karawang sampai Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Median jalan pun dibuka dan mengarahkan kendaraan memasuki koridor “contra flow” satu lajur yang dibatasi dengan cone berwarna oranye.

Dengan diterapkannya ‘contra flow’, Polres Karawang mengimbau pengendara dari arah Cikampek tidak mengandalkan jalan tol. Pengguna jalan bisa melewati jalan arteri dengan keluar di gerbang Tol Kalihurip atau gerbang Tol Karawang Timur, lalu masuk lagi jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui gerbang Tol Karawang Barat.

Puncak arus balik libur Paskah 2018 pada hari Minggu ini, PT Jasa Marga memprediksi sebanyak 90.000 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama di Kabupaten Bekasi. Angka tersebut mengalami peningkatan 19,66 persen dari kondisi 75.000 kendaraan. (rud)