Budi Karya Sumadi

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengecek kesiapan moda transportasi pada masa mudik Lebaran tahun 2022. Salah satunya adalah dengan melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check.

“Beberapa hal yang kami akan antisipasi tentu kualitas dan kapasitas dari transportasi di semua moda itu. Saya minta para Dirjen untuk melakukan ramp check. Bus, kapal, pesawat, kereta api harus dilakukan ramp check,” jelas Menhub Budi dalam keterangannya, Jumat (1/4).

Menhub juga mengingatkan masyarakat untuk menggunakan moda transportasi yang sudah melalui inspeksi keselamatan. “Bisa disampaikan pada masyarakat bahwa tidak semua bus itu bisa digunakan, hanya bus yang sudah dilakukan ramp check bisa digunakan,” tegasnya.

Selain pemeriksaan aspek keselamatan terhadap kelaikan angkutan, lanjut Budi, Kemenhub juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap awak transportasi.

“Kita juga mewajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi awak transportasi: pilot, nahkoda, masinis, sopir bus. Bisa kita lakukan di simpul transportasi, di bandara, di terminal, stasiun, dan sebagainya,” tuturnya.

Tak kalah penting, Menhub menegaskan bahwa pihaknya telah menginstruksikan kepada operator prasarana dan sarana transportasi untuk terus memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Insya Allah ini bisa, vaksinasi terutama untuk vaksinasi yang ketiga ada di simpul-simpul transportasi, di bandara, di Soetta, di Priok, di Perak, di pelabuhan, di terminal, juga stasiun-stasiun kereta api,” terangnya.

Menhub Budi pun berharap di tengah animo yang sangat tinggi tersebut, mudik Lebaran kali ini dapat berlangsung dengan tertib dan lancar serta dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (ant)