MotoGP Spanyol 2023

Kastara.ID, Jerez – Sprint Race MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez dikejutkan oleh insiden antara pembalap tuan rumah, Alex Marquez, dan pembalap Italia, Franco Morbidelli.

Dalam pandangan wasit MotoGP, Morbidelli dinyatakan bersalah dengan menyenggol Alex, menyebabkan tabrakan beruntun dengan dua pembalap lainnya dirugikan; Marco Bezzecchi dan Augusto Fernandez di Tikungan 2 lap pembuka.

Balapan kemudian dihentikan sementara dengan Red Flag! Tapi bagi pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, mengeluhkan gaya balap Alex yang sangat agresif. Menurutnya, pembalap satelit Gresini Racing itu sudah berulang kali menyalip dengan agresif.

“Orang-orang melaju sangat cepat, dan terutama di sirkuit seperti ini di mana tikungan pertama dan kedua sangat dekat. Intinya adalah jika berjalan dengan baik Anda bisa naik enam atau tujuh posisi, jika salah Anda akan menabrak tiga atau empat pembalap,” ujar Vinales setelah Sprint Race Jerez yang diwartakan Motorsport.com.

Menurut Vinales, solusinya melalui langkah tindakan tegas para Stewards. “Satu-satunya solusi adalah steward menjadi lebih tegas, saya pikir itu satu-satunya jalan keluar. Saya melewati Alex Marquez di tikungan terakhir dan dia membalas saya dengan cara yang sangat buruk. Saya pikir Steward harus tegas karena itu bukan pertama kalinya dengan Alex. Di Portimao dia merusak sprint saya, dia mengeluarkan saya dari lintasan dan lima pembalap melewati saya. Hari ini sama, itu terjadi padanya sepanjang waktu dan dia melewati saya lagi untuk mengeluarkan saya, itu bukan menyalip normal dalam balapan. Jadi saya pikir kita harus lebih langsung dengan sanksi,” jelas Vinales. (tra)