Haji

Kastara.id, Madinah – Jemaah gelombang kedua mulai berdatangan di Madinah, Jumat (31/8). Pada hari pertama kedatangan ini sebanyak 6.194 jemaah yang tergabung dalam 15 kloter tiba di Madinah sejak pukul 10.00 WAS hingga 23.00 WAS.

Tim Media Center Haji (MCH) Daerah Kerja Madinah melaporkan, salah satu kloter pertama yang tiba yaktu kloter MES-08. Sebanyak 393 jemaah kloter asal Medan ini akan menempati dua hotel yang berbeda. Rinciannya 215 jemaah akan tinggal di hotel Al Andalus. Sementara, 178 akan menempati hotel Makarem Al Mahmouba.

Kepala Sektor IV, M Khoirul Anam mengatakan, sempat terjadi perbedaan data jemaah masuk. Kondisi ini menurutnya disebabkan pemilahan jemaah yang dibuat muasassah.

“Untuk bus rombongan 1 sampai 5 ada di sini (Al Andalus) sementara untuk rombongan 6 hingga 9 ada di Makarem (Al Mahmouba) sektor tiga,” kata Khoirul Anam.

Lebih lanjut ia menjelaskan, persiapan untuk penjemputan jemaah telah disiapkan sejak pagi. Perlengkapan konsumsi dan katering, mulai kopi, teh, saos, sambel sudah siap. “Sudah disiapkan semua, termasuk makan malam,” ujarnya.

Khoirul Anam mengimbau jemaah yang datang segera beristirahat dan mempersiapkan diri sholat Mahgrib. Sementara, koper jemaah akan diangkut oleh tukang angkut. “Nanti diangkut umal ke atas,” ujar dia.

Khoirul Anam mengingatkan, jemaah yang berjalan ke Masjid Nabawi untuk memulai sholat arbain harus membawa kartu nama hotel. “Identitas itu untuk berjaga-jaga seandainya jemaah lupa jalan pulang,” jelasnya.

Selain itu, Khoirul Anam juga memberitahu jemaah terkait jalan dan petunjuk arah menuju Masjid Nabawi. Kata dia, jalan menuju Masjid Nabawi dapat ditempuh melalui pintu enam yang melewati Masjid Ghamamah. (put)