Wisuda

Kastara,id, Depok – Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met memimpin Upacara Wisuda Program Pendidikan Diploma/Vokasi, Sarjana hingga Doktoral semester genap tahun akademik 2017/2018 dengan jumlah total lulusan sebanyak 8.177 orang. Wisuda tersebut sekaligus menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 pada hari Jumat–Sabtu, 31 Agustus—1 September 2018 di Balairung UI Kampus Depok. Sebanyak 2.430 orang yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Upacara wisuda program Sarjana Reguler dan Sarjana Kelas Internasional, UI melepas 2.816 lulusan Sarjana yang terdiri atas 2.647 lulusan Program Sarjana Reguler dan 169 wisudawan Sarjana Kelas Internasional. Pada program Sarjana Reguler, sebanyak 955 wisudawan berhasil mendapatkan predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Jason Kristiano dari Program Studi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Owen dari program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Masing-masing mendapatkan IPK 3,96.

Sementara itu, pada Program Sarjana Kelas Internasional, sebanyak 24 wisudawan meraih predikat cumlaude dengan IPK tertinggi yaitu 3,9 diraih oleh tiga orang, yaitu Yoan Annisa Ravaie, Kristal Amalia, dan Vicky Andryanda Pratama. Ketiganya berasal dari program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Muhammad Anis menuturkan tentang komitmen UI untuk menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif, handal, tangguh, responsif dan mampu terjun dalam era Revolusi 4.0 yang penuh perubahan. Salah satunya dengan cara terus melakukan inovasi dalam bidang kurikulum. “Berbagai mata kuliah “kekinian” yang antara lain membahas artificial inteligent, digital, dan big data analysis merupakan beberapa dari banyak mata kuliah yang ditawarkan pada mahasiswa UI saat ini,“ ujar Anis.

Melalui program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), UI mengintensifkan penggunaan e-learning dalam metode pembelajarannya, bukan saja bagi mahasiswa UI sendiri, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas di Indonesia. Tidak hanya itu, pembangunan Sarana dan Prasarana yang telah dimulai dari beberapa tahun lalu, kini telah selesai, seperti Rumah Sakit Pendidikan UI, Gedung Pusgiwa (Pusat Kegiatan Mahasiswa UI) dan Makara Art Centrum, sebagai gedung baru yang diperuntukkan sebagai pusat pagelaran seni dan budaya karya sivitas akademika UI.

Anis juga memberikan pesan kepada para wisudawan untuk ikut membangun bangsa dan menyelesaikan masalah dan tantangan pada tingkat nasional maupun global. “Kalian diharapkan tidak hanya cerdas secara intelektual melainkan yang lebih penting dari itu adalah harus memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial,” tambah Anis. Selain itu, para lulusan UI juga harus memiliki kepekaan sosial dan memahami permasalahan negeri.

Esok (2/9), UI juga akan melaksanakan Upacara Wisuda untuk Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor (9.00–11.00) yang diikuti oleh 3.336 Wisudawan – terdiri atas 401 wisudawan Program Profesi, 400 wisudawan Program Spesialis, 2381 wisudawan Program Magister, dan 154 wisudawan Program Doktor. Dilanjutkan dengan upacara wisuda sesi terakhir untuk Program Sarjana Paralel, Sarjana Ekstensi dan Vokasi (14.30–16.30) dengan jumlah wisudawan sebanyak 2.025 orang yang terdiri atas 981 wisudawan program Sarjana paralel, 259 wisudawan Sarjana Ekstensi, dan 785 wisudawan Vokasi. (dwi)