Kastara.ID, Makkah – Sebanyak 229 kelompok terbang (kloter) jemaah haji gelombang I telah meninggalkan Kota Makkah. Jemaah yang tergabung dalam kloter 15 embarkasi Batam (BTH 15) menjadi kelompok terakhir yang meninggalkan Kota Makkah serta menandai berakhirnya pemulangan jemaah haji gelombang I dari kota kelahiran nabi ini.

“Alhamdulillah, sebanyak 450 jemaah haji disertai lima orang petugas  asal Kalimantan Barat, tepat pukul 23.15 waktu Arab Saudi telah diberangkatkan dari Kota Makkah menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Dengan demikian, seluruh jemaah haji gelombang I telah kami lepas meninggalkan Makkah,” kata Kepala Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid, di Makkah (31/8).

Fase pemulangan jemaah haji gelombang I dari Makkah menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah menurut Subhan telah berlangsung sejak 17–31 Agustus 2019. “Total sebanyak 94.036 jemaah beserta petugas telah diberangkatkan oleh Daerah Kerja Makkah menuju Jeddah,” ujar Subhan.

Selanjutnya, sambung Subhan, Daerah Kerja Makkah akan terus melakukan pemberangkatan jemaah haji gelombang II menuju Kota Madinah. “Hingga pukul 19.00 WAS tadi, sebanyak 200 kloter telah kita berangkatkan menuju Madinah. Maka tersisa akan ada sekitar 100 kloter yang akan kita berangkatkan ke Kota Madinah,” jelas Subhan.

Subhan menyampaikan pihaknya bersyukur selama proses pergerakan jemaah haji dari Makkah baik menuju Jeddah maupun Madinah tidak ada kendala yang berarti. “Alhamdulillah sejauh ini prosesnya lancar. Kami berharap, hingga akhir masa operasional pada tanggal 6 September mendatang, seluruh petugas Daerah Kerja Makkah dapat melayani jemaah dengan sebaik-baiknya,” ujar Subhan.

Sementara menurut Kepala Sektor 1 Makkah Mi’rad menyampaikan hingga saat ini pihaknya sudah 46 kloter yang diberangkatkan menuju Jeddah dan Madinah. “Saat ini tersisa 11 kloter yang masih ada di Sektor 1 Makkah ini. Ini semua kloter yang akan diberangkatkan menuju Madinah,” ujar Mi’rad. (put)