Kasatpel UKM Puskesmas Kecamatan Seribu Utara, Ratu Juwita mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para pelajar dalam menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar mereka.

Selain itu juga sebagai upaya meningkatkan partisipasi pelajar dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

“Menjadi dokter kecil juga dapat tingkatkan sifat kepemimpinan pelajar. Mereka belajar mengawasi langsung teman-temannya agar mencapai derajat kesehatan yang optimal,” ujar Ratu, Jumat (1/9).

Ratu menjelaskan dalam pelatihan dokter kecil, para pelajar mendapatkan materi UKS dan kesehatan lingkungan. Mereka diajak memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri. Bahkan, diberikan juga pengetahuan tentang cara mencegah penyakit.

Selama kegiatan, para pelajar juga diajarkan cara menyikat gigi yang benar dan dilatih memberikan bantuan hidup dasar dari tim Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) Kepulauan Seribu. Sehingga mereka dapat melakukan tindakan pertama saat terjadi keadaan darurat.

“Kami harap setelah ikuti pelatihan ini, anak-anak dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar,” kata Ratu.

Kepala SDN 01 Pulau Kelapa, Muji Rahayu menilai, pelatihan ini dapat mempersiapkan dan mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada anak-anak dari usia dini.

“Dokter kecil ini yang akan menjadi agen-agen perubahan bagi teman-teman di sekitarnya. Semoga kita dapat mewujudkan banyak sekolah sehat,” tandasnya. (hop)