Kastara.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta semua pihak menciptakan kesejukan suasana jelang aksi unjuk rasa pada Jumat (4/11) mendatang. Tak terkecuali para jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau mau demo ikuti aturan demo dengan baik, menyampaikan aspirasi dengan tertib. Saya kira kami mengimbau kepada semua PNS di lingkungan Kemendagri untuk memberikan hal-hal yang sejuk,” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Selasa (1/11).

Masyarakat harus diberikan kesempatan bila ingin menyuarakan aspirasinya. Namun pihak kepolisian tentu akan tegas memproses secara hukum bagi mereka yang dinilai melakukan aksi anarkis. Termasuk bagi pihak yang diduga telah melakukan penistaan agama.

Menurut dia, sampai sekarang kepolisian tentu sudah mulai memproses masalah hukumnya dengan baik. Mendagri mengimbau agar masyarakat sabar dan percaya kepada kepolisian. Masyarakat dipersilakan untuk boleh ikut memantau masalah hukum yang diproses polisi.

“Saya kira kepolisian sudah memulai juga proses hukumnya dengan baik saya kira masyarakat harus sabar, harus percaya, karena kepolisian juga dikontrol oleh seluruh masyarakat,” ujar Mendagri.

Pemerintah sendiri, lewat Presiden RI Joko Widodo telah menyerahkan persoalan ini kepada aparat penegak hukum. Siapapun yang menggangu, ia mengatakan, tentu TNI dan Polri serta seluruh masyarakat Indonesia juga akan melakukan langkah-langkah yang tegas.

“Pak Jokowi terbuka, saran, kritik, tertulis  itu beliau menerima, beliau turun ke bawah menyerap, mendengarkan semua aspirasi dengan baik. Kalau mau demo ya silakan demo, asal demo itu sesuai dengan aturan yang ada,” kata Mendagri. (raf)