Piala AFF U-16 2019

Kastara.ID, Jakarta – Dunia persepakbolaan Indonesia berduka. Pemain Tim Nasional U-16 Indonesia Alfin Farhan Lestahulu (15) meninggal dunia pada Kamis (31/10) sekitar pukul 22.11 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Alfin didiagnosis menderita encephalitis (infeksi otak) dengan hypoalbumin.

Ucapan duka disampaikan oleh rekan setimnya di U-16 hingga  beberapa pelatih timnas Indonesia di media sosial masing-masing, antara lain pelatih Alfin di timnas U-16 Bima Sakti, pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini, demikian juga pelatih timnas U-23 Indra Sjafri. Ucapan duka juga datang dari legenda timnas Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto.

“Keluarga besar PSSI mendoakan yang terbaik untuk Alfin dan keluarga. Kita sangat kehilangan. Terima kasih  atas sumbangsih Alfin untuk tim nasional Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destira.

Jenazah Alfin rencananya akan dimakamkan di kampung halamannya di Tulehu, Ambon, Jumat (1/11). Alfin meniti karir di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan, sampai bakatnya ditemukan oleh Bima Saki. Tak butuh waktu lama, Alfin langsung didapuk menjadi andalan di skuad timnas U-16 Indonesia.

Debut internasionalnya dimulai ketika dirinya menjadi bagian dari skuad timnas Indonesia yang berlaga di Piala AFF U-16 2019. Alfin berhasil menyumbang satu gol saat timnas U-16 menang melawan Filipina. Berkat kemenangan ini, Indonesia menjadi satu-satunya wakil negara Asia Tenggara yang berlaga di Piala Dunia U-16 2020. (sud)