Kastara.ID. Jakarta – Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Tahun 2020 PT MRT Jakarta (Perseroda) yang berlangsung secara daring pada Senin (30/11), telah disahkan peningkatan modal ditempatkan dan disetor perseroan serta menyetujui dan mengesahkan perubahan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Perseroan tahun buku 2020 dan 2021.

Rapat dipimpin langsung oleh Komisaris Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Syaugi dan dihadiri oleh seluruh jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT MRT Jakarta (Perseroda). Hadir selaku perwakilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham mayoritas ialah Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati dan Direktur Keuangan dan Administrasi PD Pasar Jaya Ratih Mayasari selaku pemegang saham minoritas.

Dalam paparannya terkait kondisi perseroan dan rencana masa depan korporasi, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menyampaikan sejumlah capaian pada tahun 2020.

“Pada tahun 2020 ini, perseroan meraih lima penghargaan. Perseroan juga membentuk anak usaha, yaitu PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek pada Februari 2020 dan PT Integrasi Transit Jakarta pada Oktober 2020 lalu,” ujar William dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12).

Pada kesempatan itu, William juga menyebutkan peranan strategis yang telah dan akan diemban oleh PT MRT Jakarta dalam mewujudkan aspirasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Peran tersebut meliputi sebagai master integrator transportasi berbasis rel, integrator pembayaran dan tarif, developer ekspansi jaringan transportasi berbasis rel, master developer kawasan berorientasi transit, revenue generator Pemerintah Daerah DKI Jakarta, dan sebagai agen pembangunan DKI Jakarta melalui sinergi BUMD dalam bentuk BUMD Academy,” katanya.

William juga menyebutkan, tahun depan, PT MRT Jakarta (Perseroda) mengusung tema “Reviving and Growing Sustainably” yang akan berfokus terhadap kesiapan seluruh insan PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk bangkit, saling menggerakkan, menciptakan capaian bersama, dan tumbuh secara berkelanjutan.

“Fokus PT MRT Jakarta (Perseroda) ialah mengubah krisis menjadi kesempatan tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan,” tuturnya.

Plt Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati mengapresiasi kinerja PT MRT Jakarta (Perseroda) selama pandemi yang masih tetap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

“Kami mendorong agar PT MRT Jakarta dapat selalu memutakhirkan perkembangan kebijakan program dari Pemerintah Provinsi dan gugus tugas COVID-19 terkait penanganan pelayanan masyarakat selama pandemi COVID-19 berlangsung,” ucapnya.

Dia berharap, PT MRT mampu mencapai target-target yang telah disebutkan dan memperhatikan penugasan-penugasan seperti pengelola kawasan berorientasi transit, integrasi tarif, dan lain-lain, agar menjadi multiplier effect agar pelayanan transportasi publik semakin baik. (hop)

By Redaksi