Waduk Rawa Malang

Kastara.ID, Jakarta – Pembangunan Waduk Rawa Malang di Jalan Cakung Drainase, Kampung Sawah, RT 10/1, Kelurahan Semper Timur, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, sudah mencapai 70 persen.

Kepala Satuan Pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, Tjahyono Budi Setiawan mengatakan, pembangunan waduk seluas 4,5 hektare tersebut sudah dimulai sejak Oktober 2020.

“Pembangunan waduk ini sangat penting sebagai salah satu upaya mengatasi genangan dan banjir,” ujarnya, Rabu (1/12).

Menurutnya, sehubungan dengan adanya proyek pembangunan jalan tol, pengerjaan pembangunan waduk dihentikan sementara waktu karena dikhawatirkan menganggu proses konstruksi.

“Setelah pembangunan jalan tol melewati kawasan waduk, pembangunan Waduk Rawa Malang akan dilanjutkan dengan kembali memobilisasi alat berat berupa dua ekskavator untuk pengerukan dan pembuatan tanggul,” terangnya.

Ia menambahkan, nantinya waduk akan dijadikan kolam retensi yang dilengkapi dengan turap tanggul, jalan inspeksi dan pintu air untuk manajemen air.

“Adanya waduk ini diharapkan dapat mencegah terjadinya genangan maupun banjir yang selama ini kerap terjadi di RW 10 dan RW 1, Kelurahan Semper Timur,” tandasnya. (hop)