Kastara.ID, Ricardo Tormo — Pembalap asal Madrid, Jorge Martin sangat bersemangat menjalani tes satu hari di Valencia pada Selasa (28/11) kemarin.

Pembalap satelit Prima Pramac Racing itu mempelajari data rekannya sesama Ducati, termasuk Marc Marquez yang baru tiba di Gresini.

Kesimpulan awal Martin mengatakan bahwa data motor mereka ‘hampir identik’, artinya Marquez bisa langsung cepat menggunakan Ducati.

“Itu berjalan sangat cepat, (performa Marquez) tidak membuat siapa pun terkesan karena kami semua sudah menduganya (akan cepat). Kami melihat data pada run pertama dan sepertinya kami adalah pembalap yang sama, saya sudah mempelajari beberapa hal dan saya berharap dapat belajar lebih banyak. Saya sangat menantikan untuk melihat data mereka,” ungkap Martin yang dilansir Motorsport.com.

“Ini sebuah tantangan dan motivasi untuk bisa bersaing dengan salah satu yang terbaik sepanjang sejarah,” tandas Martin yang akan menghadapi Marquez dengan motor sama.

Meski demikian, Marquez menggunakan Ducati GP23, sedangkan Martin menggunakan GP24, ada perbedaan walau tidak terlalu banyak.

“Sulit untuk memahami motor baru 2024, sensasinya agak aneh, ada yang tidak berfungsi dengan elektronik, saya perhatikan tenaganya lebih besar, tapi saya belum mengerti apakah itu membaik, koneksi dengan gasnya tidak berjalan dengan baik, menurut saya,” lanjutnya.

Terkait permintaan motor barunya, sang pembalap tak mau mengubah gaya balapnya.

“Lebih banyak tenaga, Anda selalu menginginkan lebih banyak tenaga dan melaju lebih kencang di trek lurus, tapi jangan mengubah cara Anda mengendarainya, gayanya,” pungkas Martin.

Motor baru artinya butuh waktu untuk penyesuaian, ini masih tes pertama dan akan ada beberapa tes sebelum musim dimulai pada 10 Maret 2024 yang akan datang. (tra)