Musrenbang

Kastara.ID, Depok – Musrenbang Kecamatan Cilodong dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan dibuka Sidik Mulyono yang mewakili Wali Kota Depok di tengah kondisi Depok yang masuk PPKM Level 2. Musrenbang berlangsung di aula Kecamatan Cilodong Jalan M Nasir No. 7, Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, Depok, Rabu (2/2).

Dengan demikian peserta musrenbang perlu beradaptasi dalam situasi ini dan tidak perlu merasa paranoid lagi karena sudah terbiasa menghadapi Covid-19 yang di Depok sudah memasuki tahun kedua. Yang terpenting selalu memperhatikan protokol kesehatan wajib dijaga karena ini tanggung jawab bersama.

Sidik mengatakan, musrenbang untuk menyusun perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan menjadi penting bagi masyarakat, dalam proses penajaman dan penyelerasan kesempatan usulan di tingkat kecamatan. Jadi peran masyarakat itu sangat penting masukannya dalam membangun di wilayahnya.

Pemerintah Kota Depok bukan saja sebagai administrator dan fasilitator, tapi juga sebagai kolabolator, di mana masyarakat bukan hanya sebagai partisitator tetapi memberikan berbagai ide dalam rangka turut mensukseskan pembangunan Kota Depok.

“Kegiatan wajib dan kegiatan pilihan yang disusun bersama-sama seluruh pemangku kepentingan di tingkat kelurahan, nanti sifat kerjanya swakelola. Jadi yang penerima manfaat adalah warga masyarakat setempat yang diberdayakan untuk bekerja,” tandas Sidik.

Di tempat yang sama Camat Cilodong Supomo mengatakan, masalah kesehatan, stunting, pemulihan ekonomi itu harus difokuskan dan diperhatikan dalam musrenbang tingkat Kecamatan Cilodong.

“Sementara untuk UKM akan diprioritaskan, itu kan janji Wali Kota Depok harus diperhatikan benar-benar, sementara untuk infrastuktur di Cilodong hampir 90 persen sudah dilaksanakan. Sekarang kita fokus kepada gorong-gorong serta genangan air yang lagi dibenahi, untuk banjir Cilodong alhamdulillah sudah tidak ada,” pungkasnya. (*)