Kastara.id, Jakarta – Dalam upaya mengembangkan komponen (parts) lokal untuk kebutuhan konsumen di Indonesia, sejak tahun 2006 lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) membentuk C&A Planing Design Department. Langkah tersebut untuk mendukung pengembangan produk agar mampu memenuhi kebutuhan karakteristik konsumen otomotif nasional.

Seiring berjalannya waktu, departemen yang berada di bawah divisi Product Planing & Development ini berhasil mengembangkan sejumlah kendaraan untuk show model seperti Agya Kojo, Yaris Heykers, Yaris Legian, dan Veloz Tigre.

“Kami bersyukur TAM sudah mendapat persetujuan dari Toyota Motor Corporation (TMC) untuk mejadikan Yaris Heykers sebagai salah satu line-up di Indonesia dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Seperti terlihat dari kontribusinya sekitar 50% dari total penjualan Yaris,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM saat diskusi santai di booth Toyota IIMS 2017.

Fransiscus mengungkapkan bahwa TAM telah mengembangkan desain komponen (parts) lokal dengan desain pertamanya yaitu Front Grille Ornament untuk Toyota Vios. Sejak itu C&A Planning and Design Department sebagai penanggung jawab terus mengembangkan desain komponen lokal untuk Toyota yang dipasarkan di Indonesia mulai dari Agya, Etios, Avanza, Rush, Sienta, Inova, dan Fortuner.

Semua line-up memberikan kontribusi signifikan kepada penjualan di masing-masing segmen. Bahkan sejumlah komponen yang dikembangkan telah berhasil diekspor ke beberapa negara melalui empat produk Toyota yaitu Innova, Fortuner, Yaris, dan Agya.

Sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond, pengembangan komponen lokal ini memberi peluang besar bagi Toyota untuk terus memenuhi kebutuhan dan melebihi ekspektasi pelanggan. Upaya ini dicapai melalui tiga pilar Let’s Go Beyond yaitu Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service. (koes)