M Iqbal Alqudusy

Kastara.Id, Jakarta – Kepala Humas Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudusy, mengonfirmasikan aparat gabungan TNI-Polri mulai bergerak menuju Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Pasukan gabungan akan melakukan tugas melakukan perburuan kelompok teroris yang sebelumnya bernama kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Saat memberikan keterangan, seperti dikutip Antara (1/5), Iqbal menambahkan, aparat gabungan TNI-Polri juga sekaligus mengamankan kegiatan masyarakat sekaligus, terutama dari gangguan kelompok teroris di Papua. Iqbal mengatakan, kehadiran aparat gabungan di wilayah Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak itu sebagai representasi negara di tengah masyarakat setempat.

Pengiriman aparat gabungan TNI-Polri menurut Iqbal tak lepas dari semakin seringnya kelompok teroris melakukan tindakan kekerasan, baik terhadap masyarakat maupun aparat keamanan. Bahkan serangan kelompok teroris telah mengakibatkan gugurnya Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Papua Kabinda (Anumerta) I Gusti Putu Danny Nugraha Karya di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Ahad (25/4) lalu.

Kelompok teroris juga mengakibatkan seorang personel Brimob, Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha gugur saat terjadi kontak tembak dengan kelompok teroris di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara (27/4). Sebelumnya kelompok bersenjata di Papua telah membunuh dua orang guru di Distrik Beoga, seorang tukang ojek dan pelajar SMA di Distrik Ilaga.

Sementara Pejabat Kepala Polres Puncak, Kompol I Nyoman Punia mengatakan, secara umum kondisi di situasi keamanan di wilayah Distrik Ilaga dan Kabupaten Puncak masih kondusif. Hal ini terlihat dari kegiatan masyarakat yang berjalan normal seperti biasa. Masyarakat masih datang untuk berbelanja di Pasar Ilaga. Penerbangan di Bandara Ilaga juga berjalan lancar.

Dilaporkan saat ini sejumlah faksi kelompok teroris bersenjata tengah menggalang kekuatan di Markas Lumawi, Distrik Ilaga Utara. Beberapa gembong kelompok teroris seperti Lekagak Telenggen, Militer Murib, dan lain-lain diperkirakan berada di lokasi tersebut. Jarak tempuh dari Ilaga ke Markas Lumawi sekitar dua jam perjalanan menggunakan mobil melewati gunung terjal dan sungai. (ant)