Ramadan

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, pekerjaan seseorang tidak bisa lepas dari fungsi hidupnya sebagai hamba Allah SWT. Karena bekerja merupakan bagian dari ibadah, sehingga dalam bulan Ramadan ini harus senantiasa meningkatkan etos kerja.

“Pekerjaan merupakan upaya dari manusia dalam memfungsikan dirinya untuk selalu menjalankan kewajiban-kewajiban sebagai hamba Allah SWT, baik yang bersifat wajib secara fikih maupun yang bersifat anjuran,” tuturnya saat menyampaikan Tausiah Ramadan melalui kanal youtube pribadi Mohammad Idris sebagaimana dilansir situs resmi Pemkot Depok (1/5).

Dikatakan Mohammad Idris, hampir tidak mungkin seorang mukmin melakukan kecurangan atau penyelewengan dalam bekerja. Karena sudah tertanam dalam mereka iman dan harus bekerja sesuai dengan arahan Allah SWT.

Menurutnya, berpuasa adalah salah satu cara Allah membuat hamba-Nya lebih termotivasi dan terdorong untuk selalu memperbaiki rohani dan jasmaninya. Secara tidak langsung tentunya akan meningkatkan kebaikan dalam bekerja dan berusaha.

“Seperti sabda yang disampaikan Rasulullah SAW bahwa Allah menyukai hamba-Nya yang dalam melakukan pekerjaannya secara profesional dan tepat guna, demikian itu merupakan sikap orang-orang yang bertaqwa kepada Allah SWT.Yang merupakan sekaligus tujuan disyariatkan ibadah puasa puasa selama bulan Ramadan,’ jelasnya.

Oleh karena itu, sambungnya, jika ingin disebut orang yang bertakwa maka harus memiliki etos kerja yang baik dan tinggi.

“Itulah konsep bekerja yang aktif, etos kerja yang baik, yang di tinggi di hadapan Allah SWT,” tandasnya. (dha)