Prokes

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga pasar tradisional, Ahad (2/5). Tiga pasar yang disidak ini adalah Pasar Kampung Ambon, Kayu Putih, Pulogadung. Kemudian Pasar Pulogebang dan Pasar Perumnas Klender, Duren Sawit.

Anwar mengatakan, sidak ini dilakukan untuk memastikan warga tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak satu sama lain selama di area pasar tradisional.

Di Pasar Perumnas Klender, jelas Anwar, pihaknya menemukan dua warga yang tak mengenakan masker. Keduanya pun langsung di BAP oleh Satpol PP dan dikenai sanksi sosial menyapu jalan sambil mengenakan rompi orange bertuliskan pelanggar PSBB selama 60 menit.

“Saya selalu mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi prokes. Hindari kerumuman. Jangan sampai ada klaster baru, mengingat jelang lebaran ini biasanya warga berbondong-bondong ke pasar, mal atau pusat perbelanjaan lainnya,” kata Anwar.

Menjelang Idul Fitri, jelas Anwar, pihaknya akan terus melakukan monitoring ke sejumlah lokasi keramaian, termasuk pasar tradisional, guna memastikan warga tetap mematuhi prokes demi pencegahan penyebaran COVID 19.

“Hal yang terpenting jangan sampai warga menikmati Lebaran di ruang isolasi karena terpapar COVID 19,” tandas Anwar. (hop)