Lebaran

Kastara.ID, Jakarta – Hari pertama Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin (2/5), Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, dipenuhi warga yang berziarah kubur.

Warga mulai mendatangi area makam sekitar pukul 09.00. Lahan parkir TPU pun dipenuhi kendaraan sepeda motor dan mobil pengunjung, hingga ke sisi jalan.

M. Abdullah (51) warga Kembangan, Jakarta Barat mengatakan, dirinya datang berziarah ke makam orang tuanya di Blad 060, bersama keluarga besar yang berjumlah 15 orang.

“Buat kami sudah tradisi, setiap tahun usai salat Ied saya dan keluarga langsung ziarah ke makam kedua orang tua,” ujarnya.

Hal senada diutarakan Nila (53), warga Sepatan, Tangerang. Lebaran pertama usai sholat ied, dirinya, suami dan anak anak serta cucu langsung ziarah ke makam anaknya yang dimakamkan di blok AAI.

“Tahun lalu kami tidak ziarah karena COVID-19. Hari karena sudah landai jadi kami ziarah sekeluarga. Setelah ziarah baru kami bersilaturahmi ke keluarga,” tandasnya.

Selain dipadati peziarah, kawasan makam juga dipadati pedagang bunga dan minuman ringan. Hingga membuat jalan jalan di areal makam mengalami kemacetan. (hop)