Perlintasan Kereta Api

Kastara.ID, Jakarta – Tidak semua perlintasan kereta api dilengkapi dengan pintu perlintasan yang dijaga petugas, yang segera menutup palang pintu perlintasan ketika kereta api akan segera melintas. Karena tidak tertutup palang perlintasan dan tidak terlihat adanya kereta yang akan datang maka pengendara biasanya akan segera melintasi rel.

Tapi tidak jarang ketika mobil tepat di berada di atas rel, tiba-tiba mesin mobil mati dan tidak bisa dinyalakan kembali. Jika hal hal ini terjadi, maka yang terpenting adalah jangan panik. Kalaupun masih ada waktu, doronglah mobil Anda secepatnya keluar dari lintasan kereta api, baru kemudian mesinnya dinyalakan kembali. Jika tidak memungkinkan lagi, segera keluar dari mobil Anda.

Tahukah Anda, jika mesin mobil Anda tiba-tiba mati mendadak saat berada tepat di atas rel, itu bisa jadi pertanda kereta api segera akan datang melintas?

Ada penjelasan ilmiahnya kenapa mesin kendaraan bisa mati mendadak jika kereta api akan datang.

Ketika kereta api berjalan akan menimbulkan getaran antara lokomotif kereta api dengan rel, di mana akan menghasilkan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektormagnetik itu sendiri dihasilkan dari operasional dinamo dan lokomotif kereta api. Gelombang elektromagnetik ini kemudian mengalir dihantarkan oleh rel kereta api, yang dapat menyebabkan matinya mesin mobil kita. Oleh sebab itulah petugas penjaga perlintasan kereta api akan segera menutup palang pintu kereta api setidaknya satu atau dua kilometer sebelum kereta api melintas, untuk meminimalisir risiko yang dapat terjadi.

Karena itu ketika melintasi rel kereta api kita harus menaikkan RPM sedikit lebih tinggi, walau kecepatan mobil masih standar atau masih pelan. Semakin tinggi RPM, maka konsumsi listrik makin besar, sehingga diharapkan dapat meminimalisir gangguan elektromagnetik yang dapat menyebabkan mesin mobil mati.

Sempat juga beredar pesan viral di sosial media yang menyarankan untuk dapat menyalakan mesin mobil yang mati tiba-tiba ditengah perlintasan kereta api adalah dengan membunyikan klakson kuat-kuat sebelumnya. Tapi saran ini belum tervalidasi kebenarannya. (mar)