Ancol

Kastara.ID, Jakarta – Masyarakat akhirnya diperbolehkan mengunjungi Pantai Ancol saat penyelenggaraan Formula E pada 4 Juni mendatang. Masyarakat yang ingin datang ke Pantai Ancol dapat membeli tiketnya secara online.

“Boleh (diizinkan masuk), pembelian tiketnya dilakukan secara online di web Ancol,” ujar Corporate Communication Manager PT Pembangunan Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho, Kamis (2/6).

Eko menjelaskan, nantinya pengelola Ancol akan memberikan gelang penanda sebagai pembeda antara pengunjung reguler maupun pemilik tiket Formula E.

“Untuk yang beli tiket Ancol Festival nanti dapat gelang. Mereka nanti harus pakai gelang untuk bisa akses ke unit rekreasi sama tempat konser,” jelasnya.

Eko menuturkan akses pengunjung reguler bakal dibatasi di area taman dan pantai Ancol. Sedangkan untuk pemilik tiket Formula E bisa mengakses lokasi konser hingga wahana di kawasan Ancol.

Akses pengunjung akan dibatasi nantinya. Pengunjung reguler hanya mendatangi area rekreasi taman dan pantai. Sedangkan pengunjung Ancol Festival dapat mendatangi tempat konser dan area rekreasi seperti Dufan atau Atlantis.

“Jadi untuk yang Ancol Festival bisa akses ke tempat konser dan unit rekreasi Dufan, Sea World, Atlantis, sama Ocean Dream Samudera, jadi kalau untuk yang reguler itu enggak bisa mengakses ke tempat itu. Mereka hanya bisa berekreasi di area taman dan pantai timur dan pantai indah,” tambahnya.

Sementara pengunjung Ancol hanya bisa memasuki kawasan Ancol melalui Pintu Gerbang Marina, Pintu Gerbang Barat, Pintu Gerbang Transjakarta dan Pintu Gerbang Selatan. Sedangkan Pintu Gerbang Timur dikhususkan sebagai akses masuk shuttle bus penonton Jakarta E-Prix yang berasal dari JIExpo Kemayoran.

Untuk parkir, pengelola Ancol membolehkan pengunjung reguler maupun pemilik tiket Ancol Festival memarkirkan kendaraan bermotornya di dalam kawasan Ancol.

“Bisa (untuk parkir). Nanti akan ada penyekatan di area bundaran timur, pengunjung barat Ancol hanya bisa empat gerbang. Jadi di area bundaran timur sudah clear untuk akses shuttle bus E-Prix. Kendaraan pengunjung reguler bisa parkir di area parkir Ancol Barat,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa manajemen Ancol sempat menyampaikan kawasan Ancol akan ditutup untuk masyarakat umum saat penyelenggaraan Formula E. Sebelumnya masyarakat yang ingin ke Ancol untuk ke area pantai tetap harus memiliki tiket Formula E. Namun sekarang kebijakan tersebut telah diubah. (hop)