MotoGP Assen 2018Persaingan ketat sepanjang jalannya balapan di MotoGP Assen 2018. (motogp.com)

Kastara.id, Assen – Balapan seri kedelapan MotoGP musim ini yang berlangsung di sirkuit Assen, Belanda, disebut-sebut sebagai balapan terbaik dalam beberapa musim terakhir. Balapan panas yang melibatkan delapan pembalap terdepan disajikan tanpa jeda sejak lap pembuka sampai bendera finish dikibarkan.

Aksi saling salip hampir terjadi di setiap tikungan. Bahkan posisi pembalap berganti dengan cepat, juga diwarnai banyaknya insiden antar pembalap.

Balapan di seri kali ini bisa disebut mampu membangkitkan adrenalin. Pembalap saling memberikan tekanan luar biasa ke pembalap lainnya. Kontak fisik pun tak terhindarkan karena begitu dekatnya mereka melaju di lintasan sempit Sirkuit Assen.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez akhirnya menuntaskan balapan super sengit sebagai pemenang usai menundukkan para pesaingnya. Marquez sendiri sempat melorot beberapa kali ke posisi lima dan enam. Namun pada dua lap terakhir, pembalap Spanyol itu mampu menunjukkan kelasnya lewat kepiawaian strateginya melibas semua pembalap yang ada di depannya.

Duel memperebutkan podium kedua juga berlangsung panas. Dua pembalap Spanyol, Alex Rins dan Maverick Vinales bertarung sangat ketat. Alex Rins (Suzuki) pun akhirnya sukses mempermalukan Vinales dengan keunggulan sangat tipis. Upaya Rins dengan mesin spek baru Suzuki mampu menjejak podium kedua untuk pembalap termuda di kelas utama itu.

Duo Italia, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang terlibat duel panas, berurutan finis di posisi keempat dan kelima. Kedua pembalap sempat bertarung rapat yang membuat The Doctor terpaksa harus melebar dan keluar lintasan. Akibatnya Rossi kehilangan kesempatan naik podium di Assen.

Persaingan ketat juga berimbas dirasakan Jorge Lorenzo yang harus puas finish ketujuh. Lorenzo akhirnya tak mampu mempertahankan posisi pertamanya dan harus puas menjejak finish ketujuh. (jie)