MotoGP

Kastara.id, Assen – Tim independen asal Malaysia, SIC-Petronas, akan menjadi tim satelit untuk Yamaha MotoGP mulai tahun depan. SIC-Petronas menggantikan Tech3 Racing yang akan pindah ke pabrikan KTM.

“Kami akan mengkonfirmasi ini secara resmi sesegera mungkin,” kata Direktur Balap Yamaha Racing, Lin Jarvis.

Speedweek menyebutkan nama Dani Pedrosa dan Franco Morbidelli telah resmi menjadi skuad lapis kedua Yamaha dan hanya menunggu waktu mengumuman resminya saja.

Selama ini Petronas sudah mensponsori tim SRI Petronas Sprinta di kelas Moto3 dan Moto2. Tahun depan, tim milik Razlan Razali ini akan menjajal kelas utama.

Tim yang akan merapat ke Yamaha adalah tim satelit Angel Nieto, milik pria Spanyol, Jorge Matinez yang akan dibeli oleh Razali, kemudian akan berganti nama menjadi SIC-Petronas Yamaha.

Disebutkan pula bahwa Martinez tak akan memimpin tim lagi dan akan membantu dalam proyek ini sebagai konsultan. “Kami memiliki peluang 99,9 persen dengan tim Satelit baru mulai 2019 mendatang,” kata Jarvis kepada Speedweek.

“Tapi kami belum mengatakan apa pun di Assen. Jadi, pengumuman resminya akan segara berlangsung dalam waktu dekat ini,” tambahnya.

Tim satelit Yamaha sendiri telah resmi akan menggunakan Morbidelli dan Pedrosa, hanya pengumuman resminya saja yang tertunda.

Pedrosa sendiri telah bertemu dengan bos Sirkuit Sepang, Razlan Razali, di Assen. Wilco Zeelenberg akan menjadi manajer tim dan Yamaha akan memasok mesin 2019 untuk tim satelitnya. (lan)